Minggu, 20 Agustus 2017

Mengenal Bahasa Pemrograman Python

Bahasa Pemrograman Python

Hasil gambar untuk python
Sebagai perkenalan kita harus mengetahui asal muasal python terlebih dahulu agar kita benar-benar mengenali python dengan sebaik-baiknya.Python dibuat oleh Guido Van Rossum pada tahun 1989 di amsterdam. Seperti kebanyakan bahasa pemrograman lain pyhton diciptakan untuk menyelesaikan masalah pada sistem komputer modern. Lalu apa keunggulan Python dengan bahasa pemrograman yang lain? Python adalah bahasa pemrograman yang mudah dipahami, dengan syntax nya yang tidak terlalu rumit. Selain itu python mempunyai library yang cukup lengkap dan dapat dijalankan di berbagai platform mulai windows,linux,unix, hingga Mac. Dengan segala kemudahanya python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer di kalangan programer. Untuk penginstalan python bisa di download di www.python.org

Menjalankan python

Kita dapat menjalankan program di  Python
Interpreter Prompt dan mengeksekusi file Python dari command line, dengan membuka IDLE yang telah terinstal. Dengan menjalankan program di interaktif shell ini kita dapat menguji program yang kita tulis

Dan yang kedua kita bisa menjalankan kita bisa menulis program kita di modul dengan menekan ctrl + n di IDLE yang telah kita buka dan atau kita dapat menulis program di text editor seperti sublime, Gedit, pycharm, dll.
Untuk awal sekali kita akan belajar menulis code yang sangat sederhana sebagai berikut :
>>>print ‘hello world’
>>>hello world
CODE diatas menerangkan bagaimana cara menampilkan output di python. Sangat sederhana kita cukup menuliskan print untuk menampilkan suatu keluaran. Program diatas jika dijalankan maka akan menampilkan tulisan ‘hello world’.Satu hal penting yang perlu diketahui adalah python merupakan bahasa pemrograman yang ‘CASE SENSITIVE’ dimana huruf kecil dan besar dibedakan. Misal jika kita menulis perintah ‘print’ dengan huruf besar maka python akan menampilkan pesan error, Maka dari itu penulisan huruf besar kecil juga harus diperhatikan agar program kita dapat berjalan dengan baik.
Sedikit tips ketika belajar bahasa pemrograman, kita harus paham istilah-istilah dalam pemrograman seperti input,output,syntax,script dan masih banyak lagi. Dengan memahami istilah-istilah tersebut akan memudahkan kita dalam belajar. Anda bisa search di google untuk lebih mengenal istilah-istilah tersebut.

Sekian, SEMOGA BERMANFAAT.


EmoticonEmoticon